Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perawatan Akuarium untuk Ikan Air Tawar

Perawatan Akuarium untuk Ikan Air Tawar



Ikan air tawar mungkin merupakan ikan yang paling mudah dirawat dibandingkan dengan spesies air asin karena mereka biasanya ikan yang lebih keras. Akuarium dasar akan diperlukan. Anda akan membutuhkan tangki, beberapa batu atau substrat untuk melapisi dasar tangki. Anda juga membutuhkan filter, dan pencahayaan. Saat memilih ikan, sangat penting untuk memastikan ikannya cocok. Tidak hanya harus kompatibel dengan suhu air dan P.H., tetapi juga harus memiliki persyaratan makanan yang serupa. Usahakan untuk memelihara ikan dengan ukuran yang relatif sama. Dikatakan bahwa jika ikan cukup kecil untuk muat di mulut ikan lain, biasanya di situlah ia berakhir. Jadi jangan berkecil hati jika ini terjadi. Bahkan ikan yang telah dipelihara bersama selama beberapa bulan diketahui terkadang menghilang.


Ikan air tawar harus diberi makan dua kali sehari. Pakan hanya dalam jumlah kecil yang dapat dikonsumsi dalam dua hingga lima menit pertama. Makan berlebihan adalah kesalahan umum di antara pemelihara ikan pemula. Jika memungkinkan, sisa makanan harus diangkat dengan jaring, karena akan menjadi kotoran dan cepat mengotori akuarium. Air harus tetap diatur dan diuji setiap minggu. Setiap perbedaan di P.H. dan suhu air harus segera diperbaiki untuk meminimalkan stres yang ditimbulkan pada ikan.

Stres sangat penting karena menyebabkan penyakit pada ikan. Penting untuk memantau aktivitas dan kesejahteraan ikan secara keseluruhan di akuarium. Tanda-tanda stres akan terlihat sangat jelas. Ikan yang bergerak lambat atau tampak lesu akan membutuhkan mantel stres yang dapat dibeli di toko hewan peliharaan setempat. Cobalah untuk menghindari tangki yang terlalu penuh. Ini akan membantu mengurangi stres yang ditimbulkan pada ikan.


Ganti sekitar sepertiga air di akuarium sekaligus, karena jenis perubahan ini akan menyebabkan gangguan paling sedikit pada ikan dan penghuni lainnya. Ini perlu dilakukan setiap dua hingga tiga minggu. Gunakan ember atau siphon untuk mengeluarkan air dari tangki. Cobalah untuk menghilangkan puing-puing yang lepas atau mengambang saat ini. Saat menambahkan air baru ke akuarium, pastikan letaknya kira-kira dua derajat dari air akuarium. Sisi akuarium harus digosok secara teratur untuk menghilangkan tumpukan alga. Sekali lagi berhati-hatilah agar tidak mengganggu ikan. Cuci tangan Anda dengan bersih sebelum dan sesudah menangani akuarium. Terakhir, periksa rekomendasi pabrikan tentang filter dan ubah sesuai. Filter mengumpulkan kotoran ikan atau sisa makanan. Mereka tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali bersih.


Perkenalkan ikan yang kuat ke akuarium baru. Ikan ini dapat menahan kadar nitrit lebih tinggi yang ada di akuarium baru. Pilih ikan seperti danios, barb, gurami, dan pembawa hidup. Jangan menambahkan lebih dari tiga hingga empat ikan kecil per minggu. Waktu aklimatisasi berbeda-beda untuk tiap spesies, jadi hubungi pengecer Anda sebelum menambahkan ikan baru lainnya. 

Popular article


hujat-crushgear-fighter-indonesia

Post a Comment for "Perawatan Akuarium untuk Ikan Air Tawar"