Year-End Note: My Top 10 Indonesian Songs of 2019

Lanjut kita dengan tangga lagu-lagu dari negeri sendiri *template skrip radio*. Jika ada yang paling diuntungkan dari pergeseran konsumsi musik ke digital streaming, itu adalah musik Indonesia. Dengan akses legal yang makin mudah, maka semakin mudah pula kita menemukan karya-karya yang sesuai dengan selera sekalipun nama-nama artisnya belum pernah muncul di media massa, nggak perlu nunggu nongol di radio/TV dulu.

Tapi, ya dasar orang lama, tetep aja cara discovery utama untuk musik Indonesia bagi gw tetap radio, hehehe, baru gw beranjak ke streaming yang syukur-syukur bisa dibantu menemukan karya/artis lain yang similar. Dan, sebenanya bakal kelihatan sih dari senarai ini bahwa taste gw makin mengerucut ke situ-situ aja ^n^, bahkan ada nama yang berulang  atau cuma bongkar pasang kolaborator, terutama yang di balik layar (produser/arranger). Ya udahlah, yang penting jujur bahwa inilah 10 lagu Indonesia yang paling gw nikmati dari tahun 2019.






My Top 10 Indonesian Songs of 2019






10. "Seribu Bulan Sejuta Malam" - Kahitna

Untuk sebuah band berusia tiga dekade seperti Kahitna, kayaknya udah nggak "harus" lagi untuk bikin lagu hit terus-terusan, saking udah banyak koleksi hit mereka di masa lalu yang akan terus bikin mereka dicari. Yet, tahun 2019 mereka merilis sebuah smooth love ballad yang menimbulkan nuansa klasik sekaligus refreshing. Dengan aransemen yang lengkap, juga harmoni vokal serta lapisan instrumen analog yang dipakai, tentu saja masih layak dan pantas untuk dimainkan di mana-mana. Emang jangan dilawan sih.







9. "Masih Ada" - Ecoutez

Perubahan formasi Ecoutez memang sudah bertahun-tahun yang lalu, namun baru dalam lagu ini gw merasakan chemistry yang sempurna dari mereka. Sebenarnya nggak terlalu jauh juga dari musik pop dengan warna acid-jazz yang diusung Ecoutez sejak dulu, tapi komposisi nada dan ritme dalam lagu inilah yang paling masuk dan komplementer dengan vokal jernih Andrea Lee.







8. "Saling Merindu" - RAN

Gw melihat bahwa RAN adalah salah satu artis pop kita yang terus improving setiap merilis karya. Lagu ini adalah bukti terbarunya, jiwa dan style-nya memang tetap sama, tetapi memiliki kualitas yang coba ditingkatkan di berbagai segi, terlebih di lirik, kord, aransemen, hingga mixing suara, dan mereka menampilkannya seolah ringan dan mudah.








7. "Rayu (with LALEILMANINO)" - Marion Jola

Tema lagunya termasuk nyeleneh, lagu cinta yang justru minta kata-kata bukan perbuatan =D, tapi itu mungkin bagian dari suntikan unsur kontemporer dari lagu yang style-nya (mohon maaf nih buat angkatan 80-an) vintage. Dan ternyata memang bisa masuk di suara renyah Marion, paket yang asyik sekali didengarkan kapan pun.







6. "Senja Teduh Pelita" - MALIQ & D'Essentials

Kalau MALIQ akhirnya membuat lagu dengan judul yang ada kata 'senja', you know they're going to slay it =)). Ritme santai mengasyikkan dipadu sama kelembutan nada dan lirik membuai, tetap dalam komposisi berunsur jazzy dan soul, saat didengarkan tak kuasa memunculkan ketenangan dan, well, keteduhan. Senja nggak harus unplugged lho.







5. "For a Minute" - Endah N Rhesa

Dari bunyi-bunyian terawal, lagu ini sudah meng-captivate gw. Padahal kalau dipikir-pikir lagu ini sederhana saja, singkat pula, tapi rangkaian nada yang dibunyikan oleh instrumen maupun suara vokal Endah terdengar sangat padu dan presisi, kayak langsung nusuk ke batin gitu, dan pesan motivasinya pun jadi tersampaikan mulus.







4. "Orang Biasa" - Glenn Fredly

Glenn is really back, tahun ini menelurkan berbagai karya yang jauh dari kata mengecewakan. Apakah kita mengharapkan lirik-lirik simpel tapi 'bangsat' khas Glenn yang dulu? Ada bener di lagu ini. Dibungkus dengan gaya pop soulful nyaris kayak lagu-lagu tembang kenangan, komposisinya bermain tak hanya di instrumen tapi juga di vokal. Sebuah ballad yang menghanyutkan namun juga  penuh tenaga.







3. "untuk hati yang terluka" - Isyana Sarasvati

Kita masuk pada periode Isyana edisi lebih klasikal, untungnya sensitivitas pop doi nggak sertamerta hilang. Ketika lagu ini muncul, baik nada maupun iramanya sangat mudah ditangkap, namun aransemen dan style-nya lebih eksploratif, bikin lagu ini berlipat-lipat istimewanya. Piano klasik, rock, hingga opera yang diramu jadi lagu pop yang dramatis nan emosional. Tentu beda banget dari gaya pop-R&B-nya dulu, tapi buat gw ini justru yang so far paling mencakup artistry Isyana baik sebagai vokalis maupun musisi.







2. "Adu Rayu" - Yovie Widianto-Tulus-Glenn

Iya, gw juga awalnya geli baca judulnya. Namun, kualitas tiga musisi pria kenamaan Indonesia ini emang nggak bohonglah ya. Bahwa liriknya bercerita dari dua sudut pandang sekaligus saja sudah menempatkan lagu ini beda dari lagu-lagu cinta kebanyakan. Bungkusan musiknya santai walau cukup kompleks, agak-agak lounge-y, dan kolaborasi vokal Tulus dan Glenn yang nggak setengah-setengah menambahkan kesan simpatik, ibarat karakter dalam film, jadi nggak tahu mau memihak Tulus atau Glenn =P.














1. "Balada Insan Muda" - Diskoria

Duo DJ Diskoria menelurkan sebuah lagu orisinal yang, menurut gw, antara berani sekaligus obvious. Lagu ini semacam rangkuman dari gaya-gaya musik yang konon populer di jagat disko/dugem/club Jakarta era 1980-an. Gw bilang berani karena di tahun 2019 ini para musisi perdiskoan biasanya berlomba-lomba bikin sound yang baru bahkan kalau perlu 'futuristis, mereka malah menengok ke 20-30-an tahun ke belakang. Tetapi, juga obvious karena penikmat musik 80's masih ada banget dan masih punya power terhadap kultur pop. Plus semakin banyak kecenderungan kaum milenial dan kaum now yang terbuka pada hal-hal vintage. Gw mungkin bukan bagian dari era itu *true story*, tapi entah kenapa sejak pertama dengar, lagu ini seolah menyedot gw dalam suasana yang memang coba dibangkitkannya. Nggak hanya dari irama yang emang bikin jejogedan dan aransemen bunyi yang komplet--bass, gitar, synthesizer, strings, tetapi juga dari pemilihan kata bak film-film lawas, perangkaian nada, hingga pengaturan paduan vokal cewek-cowok yang langsung menimbulkan atmosfer yang spesifik dan menyenangkan. Awesome track.





Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad