[Movie] Wind River (2017)

Nonton film ini tanpa ekspektasi apa-apa sebenarnya, karena buat gw kisah penyelidikan kriminal di layar lebar acapkali rasa dan misterinya, for better or worse, udah kegerus sama maraknya sajian serupa di TV (yang Amerikah sih, bukan di sini =p). Namun, Wind River langsung merenggut perhatian sejak awal menunjukkan lokasi, latar sosial, dan kasus kriminalnya. Film ini mengulik kejahatan yang berpotensi tak terdokumentasi, alih-alih terpecahkan, dari tewasnya seorang gadis remaja berdarah Indian di kawasan lindung yang memang dikhususkan untuk kaum suku asli benua Amerika itu. Tak hanya menarik karena gw cukup jarang lihat gambaran pedalaman Amerika kontemporer yang medannya seberat ini--dataran tinggi jauh dari mana-mana yang sering badai salju, tetapi juga terkejut dengan prosedur penegakan hukumnya yang cukup kompleks.

Lebih lagi, film ini menuturkannya dengan sensible dan emosional, terutama dari sudut pandang tokoh ranger yang dihantui duka karena pernah mengalami kasus serupa, dan penyelidik FBI yang agak anak kemarin sore tetapi bertekad kuat. Tanpa harus meledak-ledak dan bombastis, tetapi tidak juga lelet lunglai bikin terlelap, adegan demi adegan dirangkai dengan perhitungan yang teliti, sehingga gw mengerti konteksnya, gw terbawa untuk ikut mengungkap kebenaran kasusnya, dan gw peduli sama tokoh-tokohnya, tanpa  harus terasa lajunya dalam bercerita tersendat. Segala unsur film ini--termasuk adanya beberapa baku tembak yang cukup brutal--ditampilkan dengan presisi, mampu menunjukkan kedalaman yang lebih dari sekedar memecahkan kasus kriminal, dan sekaligus mampu membangun intensitas yang...well, entah gimana caranya kok bisa, sekalipun banyak adegan senyap tapi emosinya terasa bergemuruh.


Wind River
(2017 - Voltage Pictures/Acacia Entertainment/The Weinstein Company)

Written & Directed by Taylor Sheridan
Produced by Basil Iwanyk, Peter Berg, Matthew George, Wayne Rogers, Elizabeth A. Bell
Cast: Jeremy Renner, Elizabeth Olsen, Jon Bernthal, Gil Birmingham, Julia Jones, Graham Greene, Martin Sensmeier, Kelsey Chow, Eric Lange
My score: 7,5/10
Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad