Arti Wibu Dan Otaku, Begini Ciri-Ciri Beserta Perbedaannya

Bagi masyarakat indonesia kata wibu mungkin sudah tidak lagi asing di telinga, namun bagi sebagian orang mungkin ada yang masih asing dengan kata wibu. Tak heran jika masih banyak orang-orang yang bertanya mengenai apa itu wibu. Wibu sendiri merupakan ungkapan yang ditujukan kepada seseorang yang menyukai budaya dari Jepang secara berlebihan.

Jika dipahami lebih jauh apa itu wibu, mereka adalah seseorang yang tergila-gila atau menyukai secara berlebih dengan anime. Meski begitu, faktor penting seseorang dikatakan sebagai wibu tidak selalu berkaitan erat dengan anime. Wibu dapat berkaitan tentang idol dari Jepang, lagu-lagu Jepang, penampilan ala Jepang hingga kebiasaan menggunakan Bahasa Jepang.

Tahukah kalian, ada ciri-ciri yang dapat menunjukkan seseorang merupakan wibu. Lantas bagaimana penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu wibu, ciri-ciri dan perbedaannya dengan otaku? Melansir dari berbagai sumber, Senin (10/6), simak ulasan informasinya berikut ini.


Apa itu Wibu


Banyak dari masyarakat yang masih bertanya-tanya mengenai apa itu wibu. Secara etimologi, wibu merupakan istilah yang berasal dari serapan kata Bahasa Inggris, Weeaboo. Wibu merupakan sebutan atau ungkapan untuk seseorang yang begitu mencintai atau menggilai budaya Jepang meski bukan warga negara Jepang.
Biasanya tak jarang para wibu akan melakukan percakapan dengan menggunakan Bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu percakapan ringan atau santai maupun benar-benar telah fasih menggunakan Bahasa Jepang. Sejumlah kosa kata yang kerap kali diucapkan oleh para wibu antara lain ohayo, konichiwa, arigatou, daijobun, gomenasai, itadakimasu hingga ja mata ne.

Mungkin bagi non wibu akan terasa begitu asing bila mendengarkan para wibu melakukan percakapan menggunakan Bahasa Jepang. Perlu diketahui, menjadi seorang wibu harus menghafal seluruh alur film anime. Tak hanya itu, mereka juga harus rajin membaca manga atau komik Jepang. Bahkan mereka juga harus up to date mengenai berita kebudayaan Jepang

Setelah mengetahui apa itu wibu, masyarakat bisa mengetahui ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri wibu adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri Wibu

a. Obsesi dengan Budaya Jepang
Pada umumnya, wibu menganggap semua kehidupan di Jepang adalah hal yang keren. Bahkan mereka menganggap budaya Jepang lebih unggul dari mana pun, termasuk budaya sendiri.

b. Meniru Berbagai Perilaku Orang Jepang
Para wibu biasanya mencoba untuk meniru gaya hidup orang Jepang. Mulai dari sikap, perilaku hingga pilihan kata orang Jepang dijadikan panduan.

c. Menyisipkan Kosakata Jepang Dalam Keseharian
Para wibu sering meniru gaya menulis dan berbicara dengan menyisipkan Bahasa Jepang di setiap kesempatan. Misalnya seperti kata 'Ohayo', 'Sumimasen', 'Nani', ‘Gomen' hingga 'Itadakimasu'.

d. Punya Pacar Khayalan

Tahukah kalian, banyak dari para wibu yang mempunyai pacar khayalan. Bentuk pacar khayalan pada wibu ini biasanya seperti karakter game ataupun karakter anime. Mereka pun juga biasa menyebut pacar khayalan dengan sebutan waifu atau husbando.

e. Sudut Pandang Terhadap Anime dan Kartun
Bagi sebagian orang mungkin merasa anime dan kartun tidak ada bedanya. Terlebih keduanya juga sama-sama berupa gambar dan animasi. Namun, keduanya dinilai berbeda di mata para wibu. Mereka berpegang teguh jika anime dan kartun adalah dua hal yang berbeda.

Perbedaan Seorang Wibu & Otaku

Istilah otaku di Jepang sendiri sebenarnya ditujukan untuk orang-orang yang hanya obsesi atau fanatik pada anime Jepang. Di tahun 90-an, seseorang yang mendapat julukan otaku yaitu orang yang hanya menekuni salah satu hobi atau bidang. Hal tersebut sama seperti pengertian 'geek' dalam dunia barat.

Geek merupakan ungkapan bagi seseorang yang gila akan dunia game atau teknologi. Sehingga dapat dikatakan, otaku dan geek merupakan sebuah ungkapan sama untuk seseorang yang menekuni sesuatu secara berlebihan. Namun seiring berkembangnya zaman, istilah okatu ditujukan sebagai diskriminasi dan hinaan.

Kesimpulan


Begitulah penjelasan ciri-ciri wibu dan perbedaan antara wibu dan otaku. Seorang wibu juga biasanya mengidap anti social atau yang sering dijuluki sebagai Hikkikomori di Jepang. Nah Buat kalian para wibu bau bawang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya ya.


Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad