[Review] Agents of SHIELD Season 4: Let Me Stand Next to Your Fire - Api Lawan Api

Dari Opening Eps 3
SHIELD & Ghost Rider
Eli Morrow adalah paman dari Robbie Reyes dan Gabe, kita mngetahui sebelumnya bahwa Eli dipenjara karena percobaan pembunuhan. Di dalam penjara, SHIELD mengunjunginya Paman Eli yang diwakili oleh Agent Coulson, tujuan Agent Coulson adalah mempertanyakan soal insiden Lab Momentum Alternative Energy, dimana Eli juga bekerja dengan orang-orang yang sekarang menyebutnya The Ghost. Coulson memberikan tawaran jika Eli mampu membantu SHIELD maka dirinya bisa dibebaskan dari penjara.
Paman Eli
Selanjutnya Coulson memberitahukan kepada Eli bahwa teman-teman yang terlibat insiden tersebut tidaklah tewas, melainkan kini hidup dengan memiliki kekuatan seperti Hantu. Dari pernyataan tersebut Coulson mengharapkan petunjuk dari Eli, karena dia tahu bahwa apa yang terjadi dari Insiden yang sangat melibatkan Eli. Namun Eli enggan memberikan bantuan kepada SHIELD.

Saat diluar lapas, Mack melihat seorang pengendara mobil yang tak asing baginya. Agent Mack mengingat bahwa orang tersebut adalah seorang Ghost Rider yang pernah ia jumpai saat insiden Lab Momentum Alternative Energy. Coulson dan Mack langsung mengejar dengan Mobil Lola (mobil kesayangan Coulson yang mampu terbang). Dari pengejaran yang panjang, Robbie pun berhasil ditangkap.
Robbie Reyes dihadapan Coulson
Robbie berhasil ditangkap oleh SHIELD, saat di Introgasi oleh Coulson, Robbie menyinggung tentang kekuatan asalnya sebagai Ghost Rider, dia menyebutkan:
“Aku buat kesepakatan dengan setan.”

Tujuan penangkapan Robbie oleh SHIELD adalah untuk mencari informasi, karena SHIELD tahu bahwa ketika ada Insiden yang terjadi di Lab disana muncul Ghost Rider, dan ketika mengunjungi Eli, Robbie muncul di lapas. Oleh sebab itu, Coulson mengajak untuk bekerjasama dalam memecahkan masalah ini. Dan mencari jawaban dari pamannya yang enggan memberikan jawabannya tentang insiden “The Ghost”. Dan jalan satu-satunya adalah meminta bantuan Robbie.

Saat mengunjungi pamannya, Robbie menanyakan tentang insiden yang menimpa pamannya waktu lalu. Dia menceritakan bahwa hantu wanita (kemunculan pertamanya di episode 1) bernama Dr. Lucy Bauer, Istri dari Joseph (Bos tempat bekerja Eli, yang pernah ia hajar sampai koma). Eli bekerja di  Lab Momentum Alternative Energy sebagai teknisi sebagai orang yang membantu Joseph untuk membangun sebuah desain dalam proyeknya. Proyeknya tersebut membangun Quantum Partikel Generator, sebuah mesin yang bisa menciptakan seuatu dari hal yang tidak ada. Eli beranggapan bahwa mereka itu terlalu tinggi harapannya bahkan bisa dikatakan orang yang menentang hukum Fisika, melampaui batasan manusia, bahkan mempermainkan Tuhan. Namun proyek tersebut meledak dan membunuh mereka semua (sekarang menjadi Hantu), kecuali Eli dan Joseph. Diceritakan oleh Paman Robbie bahwa dirinya dipenjara karena melakukan penyerangan kepada Joseph hingga koma (Joseph koma sampai sekarang), sebagai bentuk balas dendam apa yang ia lalukan kepada mereka semua. Eli juga memberikan jawaban kepada Robbie tentang buku yang dicari oleh Lucy (The Ghost), buku tersebut berisi tentang proyek tersebut secara keseluruhan, dan mereka para hantu yang memang dasarnya seorang Ilmuwan begitu terobsesi dengan buku tersebut.

Di sisi lain Lucy akhirnya mampu membangunkan suaminya yang sedang koma, Lucy menanyakan secara paksa tentang keberadaan buku tersebut. Belum diketahui buku tersebut akan digunakan seperti apa. Yang pasti di episode berikutnya buku tersebut kemungkinan besar akan diketahui keberadaannya.

Semakin jelas gambaran buku yang masih misterius tersebut, bahkan Coulson memiliki sebuah gambar yang mengklaim itulah sampul dari buku yang sedang dicari-cari. Coulson bahkan berbicara dihadapan Daisy dan Robbie:
“Tidak ada yang tahu (buku tersebut), bahkan Daniel Whitehall, Red Skull, dan Nick Fury sendiri”
The Book
Dimana Coulson juga menjelaskan bahwa buku tersebut memiliki nama Darkhole, sebuah buku sihir, buku mantra yang berisi tentang ilmu pengetahuan yang tak terbatas. Dari pernyataan ini sangat kuat bahwa Agent of SHIELD terhubung dengan Doctor Strange.

Agent Simmons, Daisy & Hellfire
Daisy & Agent Simmons
Diawal penampilannya Daisy nampak terluka parah, hingga akhirnya dia meminta bantuan Agent Simmons. Daisy menjelaskan bahwa ia terluka parah demi mendapatkan daftar Inhuman yang telah mereka kumpulkan oleh kelompok Watchdog, Daisy juga menjelaskan bahwa Watchdog mendapatkan list koordinat Inhuman berasal dari data SHIELD yang mereka retas.

Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Simmons, karena keseluruhan data penting SHIELD disimpan secara Offline. Namun Daisy juga meminta bantuan kepada Agent Simmons untuk meretas kembali SHIELD, sebagai balasan apa yang telah dilakukan Daisy sampai sejauh ini.

Agent Simmons membantu Daisy untuk meretas data Inhuman yang dimiliki oleh SHIELD, berkat bantuan Agent Simmons Daisy mampu meretas dan melihat puluhan nama Inhuman yang sudah terdeteksi (para Inhuman yang sudah terdaftar oleh SHIELD akan diberikan sebuah jam yang di dalamnya memiliki fitur untuk mendeteksi pergerakan Inhuman tersebut), dan salah satu Inhuman yang pernah kita lihat sebelumnya kini terdeteksi dan akan menjadi target pembantaian Inhuman berikutnya oleh Watchdog, yaitu James atau yang dikenal sebagai Hellfire. James aka Hellfire adalah seorang Inhuman yang dengan kemampuan dasar api, dimana dia mampu membuat sebuah bom dari benda yang telah ia sentuh sebelumnya. James sebelumnya telah dikendalikan oleh Hive.

Dari keberadaannya James bekerja sebagai kasir di sebuah toko Kembang Api (cocok sekali dengan kekuatannya). Agent Simmons dan Daisy menjelaskan tentang target Watchdog yang akan mengincarnya. James menyetujui perjanjian tersebut, dan menyuruh mereka untuk menunggu di sebuah gedung sebagai tempat pertemuan berikutnya. Namun apa yang terjadi? James justru menjebak dua orang tersebut dalam kepungan Watchdog.
https://www.youtube.com/watch?v=ZJzv94LWbJk

Dan tentu mereka berdua tidak mampu melawan, karena Daisy sedang mengalami cidera di tangannya, serta Agent Simmons yang hanya memiliki senjata kecil, secara terpaksa Daisy harus mengeluarkan kemampuannya, yang membuat celah kepada mereka untuk kabur, tentu Hellfire tidak tinggal diam. Ia mencari mereka berdua, Daisy dan Simmons semakin terpojokan. Dan yang menjadi kejutan adalah, Robbie berada dibelakang Hellfire dan langsung menghentikan penyerangan James yang akan diberikan kepada Daisy, disinilah api lawan api (Ghost Rider = api, Hellfire = api). Sedangkan anggota Watchdog sendiri berhasil dilumpuhkan oleh Agent Mack dan Agent Coulson.


AIDA (Artificial Intelligence Data Analyser)
AIDA (Artificial Intelligence Data Analyser)

Dalam episode ini akhirnya Agent May sehat seperti sedia kala. Saat sudah sadar, Dr. Radcliffe memperkenalkan Asistennnya yang bernama AIDA (May belum mengetahui bahwa itu adalah robot). Dr. Raddcliffe menjelaskan bahwa May tidak diperbolehkan pergi dari ruangan yang sekarang ia tinggali, karena masih ada beberapa tahap tes untuk Prosedur yang sekarang dikembangkan oleh Agent Fitz dan Dr. Raddcliffe untuk mengatasi virus hantu seperti yang dialami Agent May. Sebenarnya dibalik penahan Agent May ada maksud lain, yaitu May menjadi sebuah objek ujian untuk AIDA seberapa jauh tingkah sosial dan mampu menghadapi Agent pintar (Agent May). Dr. Raddcliffe menyebutnya sebagai tes turing.

Di akhir scene, dimana Agent Coulson dan Simmons mengunjungi kediaman Dr. Raddcliffe untuk melihat perkembangan Agent May, Simmons langsung mengetahui bahwa Asisten Doctor adalah seorang android hidup.

Di episode berikutnya Agent Simmons akan melakukan tes kebohongan yang dilakukan rutin oleh SHIELD, dan tentu apakah Agent Simmons akan memberitahukan AIDA, robot pintar yang tampil seperti manusia di hadapan SHIELD dalam sebuah pernyataannya? Kita tunggu saja.

Kesimpulan
Di episode ini masih berkaitan dengan Watchdog, mungkin para petinggi Hydra disinggung namun tidak terlalu berpangaruh kepada keseluruhan cerita. Sekarang cerita berfokus kepada buku misterius yang sedang dicari oleh “Hantu”. Coulson mengungkapkan bahwa buku tersebut berisi ilmu pengetahuan yang tak terbatas, di dalamnya ada ilmu sihir dan mantra pula. Beberapa pernyataan tersebut memang menguatkan kita tentang serial ini yang terhubung dengan Marvel Cinematic Universe, khususnya kepada film Doctor Strange. Di dalam episode ini, ada sisi dramatisnya, dimana Coulson bertemu untuk pertama kalinya dengan Daisy, setelah sekian lama mereka terpisahkan.

EPISODE 3 | EPISODE 5
Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad

close