Perbedaan Action Figure, PVC, Figma dan Nendoroid

Perbedaan Action Figure, PVC, Figma dan Nendoroid

Kalian suka mengoleksi benda benda berbau anime ? Entah itu keychain, keyboard, dan salah satunya pasti Action Figure. Action Figure atau boneka aksi adalah figur (pahlawan super, karakter film, dan sebagainya) berukuran kecil yang digunakan sebagai mainan atau barang koleksi.
Figur karakter umumnya dirancang dalam pose tertentu. Figur karakter bisa terbuat dari plastik atau material lainnya. Karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, permainan video atau acara televisi.

Action figure ini sering dipasarkan memang untuk anak lelaki. Action figur yang bisa diganti-ganti pakaiannya sering disebut sebagai action doll (boneka aksi) sebagai sebuah perbedaan dari action figur yang pakaiannya tidak bisa diganti-ganti atau sudah dicetak.

Di dalam dunia figurisasi, terdapat banyak jenis  figure. Adapun beberapa di antaranya yakni PVC, Figma, Nendoroid. Lalu dimana letak perbedaan nya ? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Action Figure PVC

Action Figure PVC biasanya memiliki bahan yang keras dan tetap, action figure dengan bahan ini biasanya memiliki detail yang bagus. Akan tetapi posisinya tetap. Contoh action figure yang posisinya sedang memegang pedang atau tongkat dan tangannya tidak bisa di gerakan atau di ubah posisinya.

Action figure PVC biasanya memiliki tinggi 20cm, PVC memiliki detail yang sangat jelas dan baik, pewarnaan-nya juga sangat bagus. Tapi kekurangan PVC adalah, bagiannya tidak bisa di bongkar pasang seperti Nendoroid dan Figma. Untuk membeli satu buah Action Figure PVC, mungkin membutuhkan modal yang cukup besar, karena harga satu buah PVC lumayan mahal, mungkin untuk 1 buah yang ori kita harus keluar uang sekitar 500rb-900rb, tapi jika memang berminat, silahkan mulai menabung!

2. Nendoroid

 


Nendoroid (ねんどろいど nendoroido) (ねんどろいど nendoroido?) adalah merek dari figur berbahan plastik yang dibuat oleh Good Smile Company asal Jepang pada tahun 2006. Nendoroid biasanya berwujud karakter dari anime, manga, atau permainan video dan dirancang dengan kepala besar dan tubuh yang lebih kecil untuk memberi penampilan yang lucu. Wajah dan bagian tubuh lainnya yang dapat ditukar, memberi mereka berbagai ekspresi dan pose. Merek Nendoroid mencakup berbagai produk yang berbeda: figur asli berukuran 10 cm, Nendoroid Petite yang berukuran lebih kecil, Nendoroid Moe serta boneka dan set permainan.

3. Action Figure Figma


Seri Figma (フィグマ) adalah seri action figure Jepang yang diproduksi oleh Max Factory dan didistribusikan oleh Good Smile Company . Seri produk ini dibuat oleh CEO Max Factory MAX Watanabe dan Masaki Asai , sebagai "penghitung" dari lini Revoltech , dengan fokus pada artikulasi.  Setiap figma dilengkapi dengan berbagai aksesori seperti pelat muka dan tangan yang dapat ditukar, dan suku cadang opsional lainnya.

Biasanya action figure Figma ini sendi sendi nya memliki artikulasi, sehingga dapat di gerakan pose nya. biasanya berfokus pada tangan dan kaki. figma juga memiliki aksesoris tambahan yakni pose muka, tangan, dan juga aksesoris seperti pedang atau tongkat seperti halnya nendoroid.

Kesimpulan


Itulah beberapa jenis Action Figure PVC, Figma,  dan Nendoroid, sebenarnya msih terdapat beberapa tambahan tapi saya rasa cukup PVC, Figma, dan Nendoroid saja yang mudah dikenali. Terlebih lagi bagi kalian yang ingin mengoleksi action figure, tambahan informasi saja. Biasanya penjual juga menambahkan judul [Loose] atau yang bisa di artikan Tanpa Box kemasan. Atau bisa juga pernah di buka lalu di masukan kembali ke dus.


Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad

close