Mengukur Kecepatan Menggunakan Tamiya SpeedChecker

Di kalangan penghobi mini4wd speedchecker merupakan sesuatu yang penting untuk kita dapat melakukan pengukuran terhadap mobil kita.



Dalam speedchecker ini Pengukuran dapat dilakukan dengan 2 cara :




1. Menggunakan Mode Kecepatan (km/h) Hidupkan speedchecker, kemudian letakkan mobil dalam kondisi berjalan dan letakkan di atas bantalan putar. Setelah gambar mobil di layar berhenti berkedip tekan tombol ”Start”, perhatikan terus hingga terdengar beep panjang beberapa kali tanda pengukuran telah selesai. Speedchecker akan menampilkan nilai pengukuran tertinggi dari seluruh pengukuran. Hasil dari pengukuran ini adalah Kecepatan Maksimum yang ditempuh oleh mobil dalam satuan km/h




2. Menggunakan Mode Jarak Tempuh Hidupkan speedchecker, tekan tombol ”Select” sehingga layar menampilkan angka ”300” (angka tersebut adalah representasi dari jarak tempuh 300 meter ) kemudian letakkan mobil dalam kondisi berjalan dan letakkan di atas bantalan putar. Setelah gambar mobil di layar berhenti berkedip tekan tombol ”Start”, angka akan berganti menjadi waktu yang kita tempuh untuk mencapai 300 meter jarak tempuh.




Jarak tempuh pada saat pengukuran di representasikan dengan ”bar” yang makin lama makin berkurang, setelah semua bar menghilang tandanya kita telah menempuh sejauh 300 meter dan pengukuran telah selesai. Hasil yang didapat adalah waktu tempuh sepanjang 300 meter dalam satuan detik (s)




Catt : Pada pengukuran menggunakan mode jarak tempuh ini kita dapat mengatur jarak tempuh kurang dari 300 meter.







Pengukuran kec > 99 km/h


Pada mode pengukuran nomor 2 sering kita gunakan untuk mengukur kecepatan yang melebihi 100 km/h.


Perhitungan yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan rumus di bawah ini





Kecepatan (km/h) = (Jarak / waktu tempuh) X (3600/1000)





Contoh :


Jarak Tempuh = 300 meter


Waktu tempuh = 10 detik


Menggunakan rumus di atas :


Kecepatan = (300/10) x 3,6 = 108 km/h
Baca Juga
Related Post

Tags

Top Post Ad

Below Post Ad

close