Man-Ape

Man-Ape diciptakan oleh Roy Thomas dan John Buscema pada tahun 1969, dan tampil pertama kali dalam komik Avengers #62.

Man-Ape memiliki nama asli M'baku. Man-Ape adalah salahsatu pejuang terbesar yang dimiliki Wakanda. Dan Black Panther memberikan kepercayaan kepercayaan kepada M'Baku untuk menjaga Wakanda selama Ia pergi untuk menemui Avengers.

Selama kepergian Black Panther ke Amerika, ambisi M'Baku untuk merebut tahta semakin dekat. Budaya Wakanda berubah begitu cepat, dimana masyarakat menjadi masyarakat berburu, dan dilatih menjadi prajurit. Sebelumnya, secara pribadi M'Baku telah mengikuti pergerakan Gorilla Putih langka demi mewujudkan keinginannya, ia pun harus membunuh Gorilla tersebut. M'Baku berhasil membunuh Gorilla Putih yang hidup di dekat Wakanda. Setelah itu M'Baku melakukan ritual, diantaranya mandi dalam darah gorila dan makan daging gorila mistis tersebut, yang memberikannya kekuatan yang besar pada M'Baku.

Ketika Black Panther kembali ke Wakanda, ditemani tim Avengers. M'Baku menyebut dirinya adalah Man-Ape dan menyatakan secara terbuka untuk menantang Hak Black Panther untuk memerintah di Wakanda. Hingga akhirnya pertarungan pun terjadi, berlarut-larut pertarungan akhirnya selesai dan di menangkan oleh Panther, hingga akhirnya ia diikat di sebuah patung Macan Kumbang. Setelah terikat M'Baku, ia berniat untuk menggulingakan patung tersebut, bukannya menimpa Black Panther, patung tersebut hancur dan mengubur M'Baku.

Black Panther percaya bahwa Man-Ape telah meninggal, Ia akhirnya kembali ke New York bersama para Avengers. Karena lengahnya Panther, pengikut pemberontak Man-Ape, bernama M'Gamo menghidupkan kembali Man-Ape. Dan Man-Ape secepatnya menyusul Black Panther ke New York.

Sesampai disana, Ia bersekutu dengan Grim Reaper, seorang pemimpin kelompok pemberontak bernama Lethal Legion. Anggota kelompok tersebut diantaranya Grey Gargoyle, Absorbing Man, Mister Hyde, Nekra, termasuk Man-Ape di dalamnya. Lethal Legion adalah tim kecil yang menjadi musuh Avengers, dan Grim Reaper akan membantu Man-Ape dalam mengalahkan Black Panther.

Secara singkat, Man-Ape menculik seorang gadis bernama Monica Lynne. Ia adalah pacar Black Panther yang berada di Amerika. Black Panther akhirnya terpancing dari rencan Man-Ape, Panther begitu kalah karena jumlah musuh yang tidak sebanding dengan dirinya. Tak lama, para Avenger datang menyelamatkan Panther, dan sisa pertempuran dikalahkan oleh Captain America, termasuk Man-Ape yang kalah dalam pertempuran tersebut. 

Black Panther menyatakan bahwa Man-Ape tidak diperbolehkan ke Wakanda, tak terkecuali dirinya mau dihukum mati. 

Namun, ia memilih jalan untuk mengembara. Untuk memenuhi kebutuhannya, ia bekerja sebagai tentara bayaran.

Kemampuan:
Karena ritual dan memakan Gorilla Putih langka Ia mampu mengangkat beban 10 ton, ototnya tidak akan mudah lelah dan akan mengeluarkan kekuatan puncaknya selama berjam-jam dan melemah ketika aliran darahnya mulai terganggu, kelincihan, keseimbangan dan koordinasi tubuh diluar batas manusia.

Sayangnya Man-Ape tewas dalam pertempuran melawan Morlun, Man-Ape berjuang seperti seorang prajurit, ia melindungi orang-orang yang melawan Morlun, namun tindakan tersebut tidaklah berhasil. Morlun mencengkeram tenggorokan M'Baku dan mengisap kehidupan dia sampai Man-Ape menjadi abu. 
Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad