[Album] MONKEY MAJIK - MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~



MONKEY MAJIK – MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~
(2010 – binyl records/Avex)

Tracklist:
1. fly
2. Around The World
3. フタリ Futari
4. Change (Monkey Majik + Yoshida Brothers)
5. 空はまるで Sora wa Maru de
6. Together
7. あいたくて Aitakute
8. ただ、ありがとう Tada, Arigatou
9. アイシテル Aishiteru
10. 虹色の魚 Niji-iro no Sakana
11. Open Happiness
12. MONSTER
13. SAKURA
14. FOREVER
15. Fast Forward
16. 大丈夫 Daijoubu
17. tired (remastered)
18. Lily (remix & remastered)
19. Livin’ in the sun (remastered)


Definisi band “blasteran” benar2 nyata dalam MONKEY MAJIK. Band J-Pop ini mengandalkan lokomotif vokal+pemegang gitar yang berwujud 2 bersaudara bule asli Kanada, Maynard dan Blaise Plant, beserta tax pada drum dan DICK pada bass yang—terlepas dari nicknamenya—asli Jepang. Tahun 2010 katanya sih menandakan 10 tahun adanya MONKEY MAJIK meksipun sebenarnya mereka baru dikenal luas melalu rilisan major label mereka tahun 2006 dengan single “fly”. Well, adanya orang2 bule nyanyi bahasa Jepang aja jelas udah menarik perhatian khalayak—dan menarik pecinta J-Pop di luar Jepang karena ada juga akhirnya artis J-Pop yang bisa dengan baik dan benar dan nggenah mengucapkan lirik berbahasa Inggris ^_^ *yaiyalah*, ditambah lagu2nya ternyata hampir semua ramah di kuping siapa saja, sehingga mereka sukses bertahan sampe sekarang setelah 3 album dan belasan single (entah kenapa berbeda dengan Mike Tramp ex White Lion yg gagal jadi terkenal ketika nyanyi lagu Indonesia hehe). Untuk merayakan itu, MONKEY MAJIK (atau perusahaan rekamannya) menelurkan kompilasi lagu2 terkemuka mereka dalam album MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~.

Kisaran musik MONKEY MAJIK memang bisa terwakili lewat album ini. Pada dasarnya musik mereka pop-rock cenderung santai ala Amerika Utara, dengan melodi chorus yang gampang sekali nyantol di ingatan, namun dengan lirik gado-gado Jepang dan Inggris yang padu (mayoritas ditulis bareng oleh Plant bersaudara dan tax, mungkin buat bahasa Jepangnya), sangat enak didengar. Vokalis Maynard dan Blaise nyanyinya bergantian tapi sering juga berharmonisasi. Maynard suaranya sih polos standar orang bule, tapi bahasa Jepangnya jago banget ^_^, sedangkan sang adik Blaise suaranya lebih soulful dan berkarakter—I think girls would go crazy over his voice, malah kadang nge-rap juga. MONKEY MAJIK bukan mengusung musik yang aneh2, namun tidak bisa dibilang standar saja. Yah, seandainya Plant bersaudara berkarya di negeri asalnya, mungkin memang terdengar biasa, namun sentuhan ke-Jepang-an mampu memantapkan keasikan rasa musik mereka sehingga terdengar fresh.

Dalam kasus industri J-Pop, album “best” biasanya tidak asal pasang judul, dalam arti bahwa biasanya sang artis tidak pelit dalam memenuhi durasi album dengan sebanyak mungkin lagu—beda banget sama Indonesia yang pelitnya minta ampun. MONKEY MAJIK BEST ini pun dengan cukup murah hati memasang hampir semua single2 mereka (kurang 3 lagi yang memang nggak terlalu populer), bahkan lagu2 dari zaman masih independen yang di-remaster, ditambah 3 butir lagu baru, semuanya diurutkan dari waktu rilisnya, kecuali yang 3 track terakhir yang dianggap bonus track kali ye. Generally gw suka hampir semua track satu per satu, mulai dari “fly”, breakthrouh single mereka “Around The World”, “Aishiteru”, “SAKURA”, “Open Happiness” (lagu Coca-Cola “Buka Semangat Baru” versi Jepang, tapi versi album ini bagian “jingle iklan”nya di-remove, thank God), sampai lagu mereka yang menurut gw paling keren “Change”, kolaborasi MONKEY MAJIK dengan pemetik alat musik petik tradisional Jepang shamisen, Yoshida Brothers. Senang sekali semua lagu enak itu ada dalam satu album.

Hanya saja, tampaknya mengurutkan lagu2 sesuai dengan tanggal rilis bukanlah keputusan yang bijaksana. Terutama pada track 5 sampe 8 (“Sora wa Maru de”, “Together”, “Aitakute”, “Tada, Arigatou”) yang beat maupun nuansanya mirip-mirip, jadi rada boring karena terkesan monoton. Walaupun track2 setelah itu nggak sampe segitunya sih. Gw juga menyayangkan mereka urung memasukkan 2 single dari trilogi kolaborasi mereka tahun 2007 yang meskipun kurang populer, tapi menurut gw nggak kalah bagus, yaitu “Picture Perfect” bareng m-flo dan “Sotsugyou. Soshite, Mirai e” bareng SEAMO (satu lagi adalah “Change” yang berhasil masuk di album ini).

Kurang lengkap dan kurang sempurna sih, tapi sekali lagi, gw gak bisa memungkiri bahwa gw sangat menikmati lagu2 dari MONKEY MAJIK yang dikumpulkan di album ini (kecuali mungkin “MONSTER” yang agak maksa). Bahkan single independen “tired” dan terutama “Lily”nggak dinyana bagus2 juga. Sedangkan untuk lagu2 barunya, gw paling suka “FOREVER” yang agak anthemic, sedangan “Fast Forward” dan “Daijoubu” tidaklah istimewa. Namun biar begitu, MONKEY MAJIK BEST ini masih patut untuk mengisi koleksi pribadi, baik oleh penggemar J-Pop ataupun yang sekadar penggemar musik asik yang pantang dihalang perbedaan bahasa =).


My score: 7/10
MONKEY MAJIK
 
Preview:
iklan 30 menit berisi cuplikan lagu2 yang ada dalam album MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~ courtesy of avexnetwork channel at YouTube

Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad