Faktor-Faktor yang mempengaruhi nilai harga buronan Seseorang


Di Anime One Piece terdapat sistem buronan bagi penjahat ataupun bajak laut yang dianggap membahayakan bagi Pemerintah dunia maupun masyarakat sipil.

Ada yang bernilai harga buronan rendah ada juga yang tinggi. Mungkin OPlovers penasaran, apa dasar angkatan laut maupun pemerintah dunia menetapkan nilai harga buronan seseorang itu tinggi atau rendah. 

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi nilai buronan seseorang di One Piece

1. Faktor Kekuatan


Faktor Kekuatan

Kekuatan masih menjadi faktor pertama untuk menetapkan nilai harga buronan seorang bajak laut ataupun penjahat. Misalnya saja seperti menetapkan nilai harga buronan para Yonkou ataupun Luffy dan Zoro. 

Mereka diberi harga buronan karena terkenal dengan kekuatannya. Biasanya nilai harga buronan karena faktor kekuatan itu tinggi, semisal Katakuri yang diberi buronan 1 Milyar 57 juta beri.  Masih banyak contoh yang lain tapi tak bisa mimin sebutkan satu-satu.

2. Faktor Ancaman
Nico Robin 

Yang mimin maksud disini apakah seseorang itu menjadi ancaman serius bagi Pemerintah dunia ataupun angkatan laut. Contohnya adalah Nico Robin. 

Robin dapat membaca tulisan kuno dimana Pemerintah Dunia melarang untuk mempelajari/mengetahui tulisan kuno. 

Walaupun tidak memiliki kekuatan yang begitu hebat seperti Luffy atau Zoro, Robin diberi nilai harga buronan tinggi karena menjadi ancaman serius bagi pemerintah.

3. Faktor Kejahatan
Eustass Kid

Contoh dari faktor kejahatan adalah Kapten Kid (Eustass kid). Kid memang memiliki kekuatan tapi faktor yang paling mempengaruhi harga buronannya adalah kejahatannya membunuh warga sipil. 

Kid diberi buronan 315 juta beri, 15 juta lebih banyak daripada Luffy ketika di Arc Sabaody. Dibanding Luffy yang mengalahkan Crocodile dan memporak-porandakan Enies Lobby, Kid bisa dibilang tidak seberapa. Tapi karena dia suka membunuh warga sipil, Angkatan Laut memberinya buronan yang tinggi.

4. Faktor Kesalahpahaman
Bepo dan Chopper

Sebenarnya faktor ini merupakan pendapat mimin. Berdasarkan pengalaman mimin, contoh orang yang diberi nilai harga buronan karena faktor kesalahpahaman adalah Chopper dan Bepo. 

Chopper dan Bepo yang sebenarnya kuat diberi nilai harga buronan rendah karena hanya dianggap peliharaan.

Ada juga kesalahpahaman Angkatan Laut dimana mereka mengira Usopp menyerang Tenryuubito ketika di Arc Sabaody padahal Usopp tidak sengaja menimpanya.

Contoh lainnya adalah Buggy. Walaupun terakhir kali tercatat harga buronannya 15 Juta beri, kemungkinan setelah Arc Marine Ford harga buronannya naik. 

Kesalahpahaman angkatan laut yang menganggap Buggy kuat karena berteman dengan Shanks (Yonkou) dan mantan kru raja bajak laut roger membuat angkatan laut mengundangnya menjadi Shicibukai. 

Biasanya seorang bajak laut di undang menjadi Shicibukai karena dianggap kuat dan mampu membantu angkatan laut membasmi bajak laut lainnya.

Mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi nilai harga buronan seseorang. Tapi hanya 4 yang bisa mimin sebutkan. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam isi artikel ini.

Oleh : AltairGate

Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad

close