Memahami Kelebihan dan kekurangan Pinjaman Online

Pinjaman on-line saat ini dianggap sebagai dewa penolong karena bisa memberikan bantuan keuangan mendesak dalam waktu yang cepat. Namun, meski memberikan manfaat dalam waktu yang singkat, pinjaman on-line juga memiliki sisi negatif dan positif. Sebaiknya, sebelum mulai mencobanya Anda harus mengetahui dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan pinjaman online.

Pinjaman ini dilakukan dengan cara online, dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit. Bahkan Anda bisa mendownload aplikasinya melalui PlayStore yang telah disediakan oleh perusahaan fintech. Dengan kemudahan dalam cara mengurus pinjaman, keberadaannya semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Jenis pinjaman untuk modal usaha memang ada berbagai macam yang bisa Anda pilih. Namun Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis pinjaman tersebut.Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman on-line yang perlu Anda ketahui dan bisa menjadi pertimbangan Anda, dalam mencoba akses pinjaman tersebut :

1. Kelebihan Pinjaman Online

a. Proses Peminjaman dan Pencairannya Mudah

Dibandingkan dengan pinjaman secara offline misalnya melalui bank, proses pinjaman di pinjaman on-line ini sangat mudah. Bahkan dana bisa langsung cair, waktu dan tenaga lebih hemat, serta pengajuan bisa dilakukan kapan saja.

b. Pencairan Dana dalam Hitungan Hari

Jangka waktu pencairan juga sangat cepat, biasanya sekitar 1-3 hari jam kerja. Sehingga bagi orang-orang yang membutuhkan dana darurat yang mendesak bisa langsung mendapat uang dengan cepat.

c. Persyaratannya Tidak Ribet

Perusahaan pinjaman ini ingin segala proses bisa dilakukan dengan mudah, sehingga persyaratan dokumennya juga tidak ribet. Biasanya persyaratan dokumen ini meliputi NPWP, KTP, rekening tabungan, slip gaji dan sebagainya.

2. Kekurangan Pinjaman Online

a. Sistem Bunga Harian

Sistem pembayaran bunga pada pinjaman on-line ini terhitung harian, sehingga jumlahnya menjadi lebih besar. Apabila tenor yang Anda pilih singkat mungkin jumlah bunga ini tidak akan terasa besar, tapi jika kebetulan Anda mengambil tenor yang cukup lama maka biaya bunga ini akan terasa lebih besar dan berat.

b. Jumlah Suku Bunga Tinggi

Jika Anda meminjam dana dari pinjaman on-line maka Anda akan mengalami kerugian. Karena ada banyak kekurangan dana yang terus ditutup dengan dana dari pinjaman tersebut. Ditambah dengan jumlah suku bunga yang cukup tinggi dan akan sangat memberatkan Anda.

Tingkat suku bunga yang tinggi ini disebabkan oleh perusahaan yang meminjamkan dana juga tak mau mengambil resiko, karena proses pengajuan dan pencarian yang mudah. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk meminjam dana on-line ini, sebaiknya pikirkan kembali bagaimana cara membayar jumlah bunga yang tinggi tersebut.

c. Data Pribadi Bisa Disalahgunakan

Data pribadi Anda sudah ada di perusahaan yang meminjamkan dana secara on-line tersebut, tetapi jika Anda tidak membayar pinjaman dana dengan benar maka Anda bisa dirugikan dengan information pribadi yang bisa saja disalahgunakan. Namun cara ini biasanya dilakukan oleh perusahaan pinjaman on-line yang ilegal atau tidak resmi.

d. Didatangi Penagih Jika Tidak Membayar Pinjaman

Nasabah yang tidak bayar pinjaman dengan tepat waktu atau menunggak hingga beberapa bulan, akan terkena resiko ditagih secara langsung oleh pihak perusahaan. Padahal pinjaman ini dilakukan secara online, tetapi penagihan dilakukan dengan cara datang ke rumah. Seharusnya tagihan juga dilakukan dengan secara on-line saja.

Pada dasarnya sistem peminjaman ini diciptakan untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat. Namun masyarakat juga harus berhati-hati terhadap kedok pinjaman on-line yang ternyata ilegal. Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat bisa mengikuti anjuran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk hanya menggunakan pinjaman on-line yang legal. Cek legalitas pinjaman on-line terlebih dahulu di OJK sebelum memutuskan untuk menggunakan pinjaman ini.

Itulah informasi seputar apa saja kelebihan dan kekurangan pinjaman online. Untuk mengakses informasi bermanfaat lainnya secara tak terbatas, Anda bisa daftar jadi member Daya.id dan belajar atas informasi yang dihadirkan demi hidup kedepan yang lebih sukses.

Baca Juga
Related Post

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad