Ini Cara Beli Saham Online Wajib Tahu Untuk Pemula

Beli Saham Online Wajib Tahu Untuk Pemula – Membeli saham secara on-line merupakan salah satu kemudahan bagi investor pasar modal, namun kenyamanan ini tetap perlu dilakukan dengan memahami keuntungan dan risiko berinvestasi saham. Jadi, Anda tidak gegabah dalam membeli saham secara on-line atau trading.

Salah satu cara untuk mempelajari cara membeli saham secara on-line adalah secara online. Namun, Anda harus berhati-hati karena informasi yang Anda dapatkan justru dapat memberikan layanan perantara pedagang efek yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau ilegal.

Sebagai informasi, pialang saham adalah pihak yang membantu dalam pembukaan rekening saham sekaligus menyediakan platform pembelian saham.

Pada artikel tentang investasi saham kali ini, Lifepal ingin membahas secara tuntas bagaimana cara membeli saham secara on-line melalui pialang saham resmi di Indonesia. Buat kamu yang baru mau beli saham on-line yuk simak ulasannya.

Cara beli saham online

Bagi yang ingin memulai investasi saham, Anda bisa mencoba cara beli saham on-line berikut ini. Tujuannya adalah untuk menjadi panduan Anda dalam berinvestasi.

Selain mudah, langkahnya juga hanya lima. Berikut penjelasannya.

Registrasi saham atau rekening efek

Pertama-tama, sebelum membeli saham, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri untuk rekening saham atau sekuritas.

Saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) hanya dapat dibeli melalui perusahaan-perusahaan saham di Indonesia.

Anda patut curiga jika ada informasi yang mengarahkan Anda untuk membuka rekening saham untuk platform yang namanya sebenarnya asing.

Rekening saham atau rekening saham dapat dibuka secara on-line melalui aplikasi, website, atau offline di kantor perusahaan saham.

Daftarkan rekening saham dan rekening dana nasabah secara online

Tidak apa-apa untuk mendaftarkan rekening saham serta rekening dana klien (RDN) langsung di kantor perusahaan saham.

Namun, di saat seperti ini, bukankah lebih mudah dan lebih mudah untuk mendaftar secara online? Selain itu, banyak perusahaan sekuritas memfasilitasi pendaftaran on-line ini, baik di situs web maupun di aplikasi.

beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas pendaftaran online.

  1. BCA Sekuritas
  2. BNI Sekuritas
  3. CGS-CIMB Sekuritas
  4. Ekuator Swarna Sekuritas
  5. Indo Premier Sekuritas
  6. Jasa Utama Capital Sekuritas :
  7. Mandiri Sekuritas
  8. MNC Sekuritas
  9. Mirae Asset Sekuritas
  10. Panin Sekuritas
  11. Phillip Sekuritas
  12. Sinarmas Sekuritas
  13. Trimegah Sekuritas

Install aplikasi online

Banyak perusahaan sekuritas telah memperkenalkan aplikasi perdagangan on-line untuk memfasilitasi transaksi investor di saham.

Pastikan Anda terdaftar pada perusahaan sekuritas yang memiliki fasilitas tersebut. Aplikasi itu sendiri tersedia di situs web atau Play Store di smartphone.

Cukup instal aplikasi buying and selling online, baik di computing device atau telephone Anda, lalu login, dan Anda siap membeli saham.

Setor deposit awal

Setelah mendapat konfirmasi dari perusahaan sekuritas bahwa akun dan RDN Anda aktif dan menginstal aplikasi on-line trading, langkah selanjutnya adalah menyetorkan dana alias setoran awal.

Besaran setoran awal disesuaikan dengan aturan setoran awal minimum perusahaan efek. Cara deposit awal sangat mudah.

  1. Siapkan dana dari tabungan dan setor ke nomor RDN milikmu.
  2. Penyetoran dapat ditransfer lewat ATM, cell banking, ataupun web banking.
  3. Tunggu sebentar setelah move ke RDN.
  4. Kemudian cek dana yang masuk di aplikasi on-line buying and selling yang telah di-install.

Transaksi beli dan jual saham

Setelah menyimak isi dari academic penggunaan aplikasi on-line buying and selling ini tentunya anda akan mengerti bagaimana cara membeli atau menjual saham.

Pembelian stok minimum 1 lot. Membeli satu lembar saham sama dengan membeli a hundred lembar saham. Menjual saham dengan cara yang sama. Saham tersebut dijual dengan harga 1 lot.

Setiap transaksi pembelian dan penjualan saham dikenakan biaya transaksi sebagaimana tercantum dalam daftar di atas.

Harga saham BEI bervariasi. Harga mencerminkan nilai perusahaan.

Semakin rendah harga, semakin banyak potongan yang Anda miliki. Semakin tinggi harganya, semakin sedikit kontrak yang Anda beli.

Mengubah order saham online

Setelah Anda melakukan transaksi saham, Anda dapat mengubah harga beli atau harga jual. Di aplikasi saham online, fitur ini tersedia saat melakukan perdagangan saham.

Jika posisi yang Anda tempatkan tidak terjadi, Anda dapat melihat posisi yang tersedia di pasar saat itu. Setelah itu Anda bisa mengubah harga sesuai dengan kondisi pasar.

Settlement

Cara membeli saham secara on-line berbeda dengan transaksi jual beli pada umumnya, dimana Anda harus memiliki uang untuk membeli barang atau jasa.

Dalam transaksi saham, penyelesaian atau payment dapat dilakukan dua hari setelah transaksi. Harga sesuai dengan transaksi yang dilakukan dua hari lalu.

Namun, jika Anda tidak melakukan pelunasan tepat waktu, Anda akan didenda 45 persen setiap tahun.

Analisa fundamental

Apa yang bisa kita lakukan untuk menentukan nilai wajar saham emiten? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan analisis fundamental.

Sebagai seorang pemula, melakukan analisa major tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memahami laporan keuangan dan mengetahui bidang usaha yang dimiliki emiten.

Manfaatkan informasi information laporan keuangan yang disediakan oleh pialang saham untuk mengumpulkan data.

Lakukan inventory screener

Bagi yang masih baru di dunia saham, Anda bisa memilih saham dengan mudah dengan fitur Stock Screener yang disediakan oleh platform pialang saham online. Fitur ini membantu mereka yang ingin membeli saham berkualitas tinggi.

Cara sederhana untuk melakukannya adalah:

  1. Menentukan standar dengan menyajikan laporan keuangan atau meminta saran dari pihak yang berpengalaman.
  2. Lakukan penelitian yang dapat Anda sampel dari beberapa investor terkenal dan berpengalaman.

Baca Juga
Related Post

Top Post Ad

Below Post Ad

close