Compound Interest, Cara Mengoptimalkan Keuntungan dalam Dunia Saham

Compound Interest, Cara Mengoptimalkan Keuntungan dalam Dunia Saham

Investasi saham memang menyuguhkan keuntungan yang menggiurkan. Mulai dari penghasilannya yang dividen, adanya kepemilikan dan transparansi, serta kesempatan berbisnis yang sangat luas hingga seluruh dunia. Namun, untuk bisa sukses dalam investasi saham, dibutuhkan ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Terlebih ada banyak istilah yang perlu dipahami. Compound hobby adalah salah satunya.

Ingin tahu maksud dari compound hobby dan bagaimana serba-serbinya? Jangan ke mana-mana! Kami akan menguraikannya secara singkat dalam informasi berikut ini.

Apa Itu Compound Interest?

Bunga majemuk atau compound hobby adalah bunga dari deposito atau pinjaman yang didasarkan pada pokok awal dan bunga terakumulasi dari periode sebelumnya. Diduga berasal dari Italia pada abad ke-17, bunga majemuk bisa dibilang sebagai “bunga dalam bunga” dan dapat memberi hasil yang lebih cepat ketimbang bunga biasa.

Perhitungan Compound Interest

Compound hobby adalah bunga yang dihitung dengan mengalikan jumlah pokok awal dengan 1. Kemudian, ditambah dengan bunga tahunan yang meningkat pada jumlah periode gabungan dibagi 1. Bunga dapat digabungkan dengan jadwal frekuensi seperti apa pun, mulai dari harian hingga tahunan. Ketika menghitung bunga majemuk, angka periode gabungan dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Rumus = [P (1 + i)n] – P

= P [(1 + i)n – 1]

P = pokok

i = nominal bunga tahunan dalam persentase

n = jumlah periode gabungan


Keuntungan Compound Interest

Compound hobby adalah sebuah keuntungan yang sayang untuk dilewatkan. Bunga majemuk bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang tanpa harus melakukan pekerjaan ekstra. Lalu, uang yang Anda dapatkan bisa berlanjut memperoleh hasil lebih banyak lagi. Walaupun hanya menyimpan sedikit uang, bisa dilihat bagaimana tabungan tersebut berkembang.

Bagaimana Compound Interest Bekerja untuk Pasar Saham?

Bayangkan jika Anda ingin menginvestasikan uang untuk tujuan jangka panjang, misalnya pensiun. Kemudian, Anda menaruh uang sebesar a hundred dolar pada akun broker, bukan pada rekening bank. Akun tabungan kemungkinan hanya membayar bunga 2 persen. Sementara itu, berinvestasi di pasar saham secara historis memberikan 9 persen bunga rata-rata per tahun sebagai pengembalian. Dalam kalkulasi yang lebih konservatif, kembalian 7 persen akan digunakan. Berikut adalah tabel berdasarkan tahun dan uang yang disimpan:

Compound Interest, Cara Mengoptimalkan Keuntungan dalam Dunia Saham

Anda akan menyadari bahwa semakin ke bawah tabel, angka yang ditunjukkan tidak hanya semakin besar, tetapi juga meningkat secara signifikan. Pada baris pertama, terdapat jumlah uang sebesar 3.600 dolar dalam tiga tahun yang meningkat menjadi 3.859 dolar. Itu artinya, Anda mendapatkan 259 dolar.

Ketika menengok baris ketiga, Anda akan menemukan investasi sebanyak 12.000 dolar dalam 10 tahun. Lalu, tabungan berkembang menjadi 16.581 dolar yang berarti memperoleh 4.581 dolar. Pada tabel paling bawah, nominal yang ditunjukkan jauh lebih banyak. Kontribusi sebanyak 54.000 dolar berubah menjadi 342.920 dolar selama 45 tahun. Itu berarti keuntungan yang diperoleh dari bunga majemuk adalah 288.920 dolar.

Compound hobby adalah alasan mengapa penghasilan di atas bisa Anda dapatkan. Namun, perlu ditekankan bahwa tabel di atas menunjukkan bunga yang digabungkan selama sekali setahun. Tiap akun memiliki hasil yang berbeda dan tergantung pada kemampuan finansial. Semakin sering pemajemukan terjadi pada akun, semakin banyak pula uang yang akan didapatkan.

Sekian pembahasan singkat tentang compound interest. Compound hobby adalah salah satu cara yang tepat bagi para investor yang ingin memperoleh keuntungan optimal. Anda dapat membangun kekayangan selama bertahun-tahun tanpa bersusah payah. Belum lagi, kebanyakan miliarder memilih untuk berinvestasi di masa muda dan meneruskannya secara konsisten sampai usia tua.

Bagaimana? Tertarik untuk berinvestasi saham setelah melihat penjelasan di atas? Yuk, jangan takut untuk mendalami investasi di dunia saham! Asalkan Anda mengerti tentang seluk-beluk saham, tidak perlu cemas untuk terjun ke dalamnya. Semoga files ini bermanfaat, ya!

Baca Juga
Related Post

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad