POLL RESULT: Lagu Jepang Terpopuler di Indonesia

Teng teng teng! Polling lagu Jepang terpopuler di Indonesia sudah ditutup! *pdahal udah dari kemaren =P*. Setelah dipajang di pojokan blog ini selama lebih kurang 40 hari, jajak pendapat iseng2 tanpa pamrih ini telah menampung 72 respon pilihan mana saja di antara 9 lagu J-Pop yang gw lemparkan, yang para responden ini akui mereka kenali—bukan menyukai, tapi setidaknya ingat/pernah dengar, karena bagi gw ukuran "populer" adalah yang dikenal baik oleh yang suka maupun yang tidak =). Tanpa ditunda-tunda lagi, mari kita tengok hasilnya, sekalian ada previewnya untuk mengingatkan. Here they are the most popular Japanese songs in Indonesia *prikitiw*:


1. "First Love" Utada Hikaru [49 respon (68%)]

2. "Kokoro no Tomo" Mayumi Itsuwa [43 respon (59%)]

3. "Fukai Mori" Do As Infinity [39 respon (54%)]

4. "Haruka Kanata" Asian Kung-Fu Generation [37 respon (51%)]

5. "Sobakasu" Judy and Mary [36 respon (50%)]

6. "Stay Away" L'Arc~en~Ciel [34 respon (47%)]

7. "La La La Love Song" Toshinobu Kubota [31 respon (43%)]

8. "True Love" Fumiya Fujii [29 respon (40%)]

9. "I For You" Luna Sea [23 respon (31%)]

Sebelum membahas hasil "angket"nya mungkin perlu dijelaskan bahwa ini adalah polling terbuka yang bisa diikuti oleh siapa saja yang mampir di blog ini, sehingga gw pun sebenarnya nggak bisa mengendalikan respondennya. Boro2 demografinya (usia, jenis kelamin, domisili, suka hal2 ke-Jepang-an atau tidak, dll), gw aja nggak bisa jamin bahwa 1 responden hanya 1 kali ikut polling, pun polling hanya diikuti sama responden yang punya akses internet saja, hehe. Yah, namanya juga polling iseng2, nyantai aja lagi =).

Oke, mari kita ulik sedikit hasil pollingnya. Sebagaimana udah gw kira sebelum memulai polling ini, "First Love" milik Utada Hikaru dan hit klasik "Kokoro no Tomo" nya Mayumi Itsuwa menjadi yang paling banyak diketahui responden yang gw asumsikan orang2 Indonesia semua (karena itulah pertanyaannya gw tulis dalam bahasa Indonesia =P). 49 dari 72 respon (68%) menyatakan tahu lagu"First Love", ini menguatkan asumsi bahwa lagu ini memang jadi lagu Jepang yang paling banyak dikenal orang2 Indonesia sejak kemunculannya lebih dari 10 tahun yg lalu, silahkan cek radio Sonora =D. "Kokoro no Tomo", yang dirilis di negeri aslinya pada tahun 1987 pun ternyata masih banyak diingat oleh lebih dari separuh responden, 43 respon atau 59%, mengukuhkan bahwa lagu yang di Jepang sendiri sama sekali tidak terkenal ini menjadi legenda di antara pendengar musik di negeri kita *lebay*. Gw jadi mikir, seandainya gw menyodorkan polling ini pada lebih banyak responden yang lahir sebelum tahun 1990, bisa jadi "Kokoro no Tomo" yang jadi juara, who knows (atau jangan2 yang nge-vote di sini pura2 nggak milih biar nggak merasa cupu? Hihihi).

Berkaitan dengan usia, gw pun jadi terkejut ketika lagu yang menurut gw lumayan terkenal di negeri kita dan pernah gw liat di suvenir pernikahan berbentuk mix CD, ternyata mendapat respon yang sedikit. Lagu tesebut adalah "True Love" nya Fumiya Fujii, yang terbilang "ngehit" pada saat sinetron "Ordinary People" ditayangkan Indosiar di tahun sekitar tahun 1996-an, hanya 29 respon (40%), yang menempatkannya pada posisi dua dari bawah polling ini. Perkiraan gw sih ya karena itu tadi, lagu ini memang sudah jarang berkumandang di media massa setelah memasuki tahun 2000an, bisa jadi banyak responden yang berusia muda yang kurang mengenal lagu ini *jadi maksud loe yang tau lagu ini tuh orang2 tua gituh?* *tampar*.




Perkiraan gw tentang lebih banyak "anak muda" yang ikut polling ini pun sedikit tergambar pada lagu2 yang ada di posisi 3-5 yang dipilih masing2 sedikitnya oleh separuh responden. "Fukai Mori" dari Do As Infinity (54%), "Haruka Kanata" milik ASIAN KUNG-FU GENERATION (51%), dan "Sobakasu" nya Judy and Mary (50%) adalah lagu2 yang di-tie-up dengan serial2 animasi yang sempat booming di negeri kita, yaitu Inu Yasha, Naruto, dan Rurouni Kenshin/Samurai X. Dengan asumsi bahwa lagu ini terkenal karena serial animasi yang konon "hanya" tontonan anak2, remaja dan muda-mudi, dan otaku, gw pun nggak berani bilang bahwa ketiga lagu ini benar2 "populer", populer mungkin di segmennya, tetapi mungkin tidak lebih dari itu. Hal yang sama juga tampaknya berlaku pada lagu2 yang ada di 3 terbawah. "La La La Love Song" nya Toshinobu (atau Toshi) Kubota adalah lagu tema sinetron "Long Vacation", "True Love" seperti gw singgung tadi adalah dari sinetron "Ordinary People/Asunaro Hakusho", dan "I For You" nya Luna Sea dari sinetron "Kamisama Mou Sukoshi Dake/God, Please Give Me More Time", ketiganya adalah dari sinetron2 Jepang yang tayang di televisi nasional kita sekitar 10 tahun yang lalu atau lebih (kalaupun setelah itu ada yang nonton, mungkin hanya orang2 yang niat nonton lewat VCD/DVD atau apalah, jelas tersegmentasi sekali). Bisa jadi kecilnya suara untuk ketiganya di polling ini karena faktor usia *nyinggung umur lagi neh hehe*.

Cover single "First Love"
 

Ini agak berbeda dengan "First Love" dan "Kokoro no Tomo" yang bisa dianggap menembus batas usia, ruang dan waktu #eaaa. Perlu diingat, bahwa "Kokoro no Tomo" tidak terikat jadi soundtrack atau tema apapun, bahkan tidak dirilis sebagai single. "First Love" juga sudah "eksis" di radio dan televisi (MTV?) kita, kira2 1999, lumayan lama sebelum sinetron "Majo no Jouken/Terms For A Witch/Forbidden Love" (kalo nggak salah di atas tahun 2000) yang menggunakan lagu ini sebagai lagu temanya, akhirnya ditayangkan di (lagi-lagi) Indosiar. Dua lagu ini bisa dibilang besar (di Indonesia, anggap saja begitu) dengan sendirinya, tanpa harus dibantu media sampingan yang kerap tersegmentasi. Ini juga berarti, orang2 bisa mengetahui lagu2 ini tanpa harus jadi penggemar/penonton serial animasi atau sinetron Jepang (asumsi lagu ini menembus batas segmentasi *ciah tinggi beut bahasanya*). Nah, selain itu juga, meski usia kedua lagu ini udah lumayan uzur, kalo ternyata persentasi lagu ini ada di atas lagu2 anime (gw anggap mewakili yang usianya muda) dan lagu2 sinetron lawas (gw anggap mewakili yang usianya..err..dewasa), interpretasinya adalah kedua lagu ini terpilih tanpa memandang usia pemilih, betul tidak?

Jadi kesimpulannya, karena faktor2 penuh asumsi tak berdasar kuat itu, bahwa meski lagu2nya bukan muncul dari tie-up media lain dan usia lagunya yang lumayan tua, namun ternyata masih banyak dipilih di polling ini, gw pribadi menganggap, sejauh ini mungkin hanya "First Love", dan demikian juga "Kokoro no Tomo",  yang layak disebut sebagai lagu Jepang terpopuler di Indonesia. *confetti* =)

Nah biasanya, kalo ada angket dan kesimpulan, mesti ada saran dan manfaat nih. Apa manfaat polling ini? Emm...nnggak ada sih, hehe. Ini hanya manifestasi kepenasaranan gw aja sebagai seseorang yang mengaku penggemar J-Pop, lagu Jepang mana aja sih yang paling dikenal oleh teman2 sebangsa saiah. Toh respondennya juga belum memadai dan kelewat random agar polling ini bisa dianggap sebagai penelitian serius =). Semoga keisengan ini tidak membingungkan atau mengganggu kenyamanan hidup para pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada kekurangan =D. Pokoknya you will always gonna be my love dah *apaanseeeh*.

Cheers.

PS: Btw, soal lagunya L'Arc~en~Ciel, mungkin gw ngelempar lagunya yang kurang populer kali ya, hehehe, maap.
Baca Juga
Related Post

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad