Gunung di Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi dari Everest

Gunung di Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi dari Everest

Crushgearindonesia
-Citra wahana antariksa milik NASA yang diambil pada awal Oktober lalu menunjukkan, asteroid Vesta memiliki gunung setinggi lebih kurang 22 kilometer, tiga kali lipat dari tinggi Everest, gunung paling tinggi di Bumi. Bagian kaki gunungnya seluas 180 kilometer.

Citra terekam di area kutub selatan asteroid ketika Dawn, nama pesawat antariksa itu, mengorbit Vesta. Dawn mulai memasuki orbit Vesta di bulan Juli. Perjalanan mengorbit masih terus berlangsung dengan jangka waktu satu tahun.

Ini berarti bahwa gunung di asteroid Vesta tersebut lebih tinggi daripada gunung apa pun yang ada di Bumi, dan bahkan memiliki perbedaan tipis dari Gunung Olympus pada planet Mars yang memiliki ketinggian hingga 25 kilometer.

Hasil pencitraan juga menunjukkan permukaan Vesta lebih kasar dibandingkan dengan asteroid lainnya. Vesta mempunyai lebih banyak kawah, bukit, pegunungan, tebing, palung dibandingkan obyek-obyek lain di sabuk asteroid.

"Vesta sangat penuh kejutan, terutama bagian kutub selatannya," ujar Paul Schenk, ilmuwan di Lunar and Planetary Institute Texas yang ikut serta dalam Dawn.

Vesta merupakan asteroid kedua terbesar di tata surya setelah Ceres. Temuan ini dipresentasikan di Planetary Science Congress Eropa 2011 dan divisi Planetary Sciences Joint Meeting di Nantes, Prancis.

(National Geographic)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad