Dalam Sorotan Bintang Alpha Centauri

In the Glare of Alpha Centauri
Image Credit & Copyright: Marco Lorenzi (Glittering Lights)

Sorotan Alpha Centauri, salah satu bintang paling terang di langit malam banjir planet Bumi, sisi kiri ini Pemandangan langit selatan. Sebuah 4.3 hanya tahun cahaya, Alpha Centauri sebenarnya terdiri dari dua komponen bintang ukurannya sama dengan Matahari, terkunci dalam orbit bersama. Jauh lebih kecil dan lebih dingin, anggota ketiga dari sistem bintang yang sama, Proxima Centauri, terletak di luar bidang pandang.  

Namun, adegan teleskopik tidak mengungkapkan sering diabaikan penghuni pesawat ramai galaksi Bima Sakti yang terletak di luar sorotan Alpha Centauri, termasuk planet nebula katalog sebagai Hen 2-111, yang diperkirakan 7.800 tahun cahaya. Kain kafan gas dari bintang sekarat, inti nebula yang cerah dan halo samar span gas terionisasi kemerahan lebih dari dua puluh tahun cahaya, terlihat tepat dari pusat gambar.  

Lebih jauh kanan dua kelompok terbuka terkenal dari bintang, Pismis kompak 19 juga hampir 8.000 tahun cahaya cahaya yang memerah dengan mengintervensi debu, dan longgar, lebih dekat NGC 5617. Hanya terlihat dalam sorotan Alpha Centauri adalah cahaya redup dari sisa-sisa supernova shell-seperti, atas dan kanan inti terang sistem bintang terdekat itu.

(NASA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad