Type Here to Get Search Results !

scroll down to read more

Scroll Down to Download the complete File

Cara Menangani Persaingan Dalam Berbisnis

meeting-business-architect-office

Untuk menjalankan usaha itu sangatlah tidak mudah, sebagai enterpreneur anda harus mempertimbangkan usaha yang sedang ataupun akan anda rintis.Mulai dari mental, modal, dan ide harus anda persiapkan.jangan sampai anda pada saat di tengah jalan ide untuk mengembangkan usaha anda habis atau pun karena beratnya persaingan karena kalau anda tidak sungguh menjalankan usaha anda sendiri,bisa bisa menyebabkan usaha anda bangkrut dan mengalami kerugian.

Berikut ini ada beberapa cara cerdas agar bisnis anda dapat bersaing di tengah persaingan yang ketat :

1. Amati dan pelajari saingan usaha anda

Nah yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengamati perilaku pesaing/kompetitor usaha anda. Anda harus memperlajari apa saja yang membuat produk mereka di minati banyak masyarakat. Anda juga harus mempelajari kapan mereka ramai atau sepi dikunjungi konsumen. Hal ini akan menjadi strategi usaha yang bisa anda lakukan.

2. Pahami Karakteristik usaha anda

Langkah yang kedua yaitu anda harus mengerti dan memahami karakter usaha anda. Mengapa? karena ini bertujuan agar anda dapat mencapai target pasar.Dan ingat, lakukanlah prinsip ekonomi yaitu mengeluarken modal kecil untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

3. Amati, tiru, dan perbarui

Cobalah untuk mengamati perilaku pesaing, tirulah cara tersebut, dan modifikasi untuk usaha anda. Cara ini sudah banyak dilakukan untuk mengembangkan usaha. Hal ini biasa dilakukan bagi pemain baru.

4. Cari mitra usaha

Mitra usaha berguna untuk menanam modal di usaha kita atau dengan kata lain menjalin kerjasama dengan perusahaan yang berkaitan dengan anda,anda juga bisa menekan biaya iklan produk usaha anda.

5. Beri potongan harga atau diskon

Tujuanya untuk menarik minat masyarakat,cara ini juga menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan yang biasa kita terapkan di event atau di hari-hari tertentu.

6. Keramahan dalam komunikasi ke konsumen

Pelayanan merupakan salahsatu cara yang bisa membuat orang senang,mengapa.karena di kehidupan manusia orang yang berperilaku baik ke pada orang lain itu disenangi, begitupun sebuah perusaan ke konsumen nya. Hal ini bisa memberi kepuasan terhadap konsumen.

7. Jujur

Mengapa harus jujur? Karena ini adalah hal yang paling penting dalam segala sesuatu.Jangan sampai karena hanya untuk keuntungan semata anda membohongi konsumen anda,yang lambat laun pasti terbongkar dan mungkin kebangkrutan usaha anda pun juga pasti. Jadi usahakan menjadi pribadi yang jujur,karena untuk mendapat kepercayaan orang lain itu tidak gampang,dan jujurlah yang menjadi sifat orang percaya kepada anda dan usaha yang anda rintis.

8. Mengutamakan dan Meningkatkan Kualitas Produk

Menjaga dan meningkatkan kualitas produk adalah salah satu cara yang paling utama dalam menghadapi pesaing dibandingkan dengan mencari banyak keuntungan dalam sebuah usaha. Hal ini karena keuntungan akan meningkat jika kualitas dari produk tersebut juga meningkat.

9. Evaluasi

Evaluasi digunakan untuk melihat kekurangan maupun kelebihan dari sebuah usaha setelah melakukan beberapa inovasi dan mengetahui aspek mana saja yang harus diperbaiki. Dengan demikian akan menarik pelanggan untuk memilih dan berlangganan produk yang ditawarkan.

Demikianlah beberapa cara menghadapi pesaing dalam usaha yang biasa dilakukan oleh pengusaha sukses. Cara-cara tersebut bisa diterapkan untuk pebisnis baru maupun yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis. 

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Scroll Down to read more

Scroll Down to read more

Below Post Ad

Scroll Down to Download the complete File

Scroll Down to Download the complete File

Scroll Down to Download the complete File

Scroll Down to Download the complete File